Tiga Jenis Tanaman Cincau Hijau

Siapa yang tak kenal cincau, makanan berupa gel  yang dapat dicampur dengan gula atau sirup. Warna cincau ada hijau dan ada yang hitam. Makanan ini dihasilkan dari proses pengendapan beberapa jenis tanaman  yang mengandung karbohidrat pengikat molekul air.

 

Cincau sirup semangka

Istilah cincau sendiri ternyata berasal dari bahasa Mandarin, yaitu xiancao yang artinya agar-agar. Tulisan kali ini akan membahas  tiga jenis tanaman  cincau hijau. Bagaimana bentuknya? Yuk, lihat foto-foto di bawah ini!

Cincau Minyak
Cincau minyak tumbuh dengan cara merambat. Jika kita ingin menanamnya, pastikan kita telah menyiapkan rambatan. Beberapa orang memanfaatkan pagar untuk tempat rambatan cincau minyak

Cincau minyak

Ciri lain cincau minyak adalah daunnya yang licin mengkilap. Daun cincau minyak yang sudah tua agak liat jika diolah manual dengan tangan. Oleh karena itu, akan lebih efektif jika kita menggunakan blender atau penumbuk untuk menghaluskannya sebelum disaring.

Cincau Bulu/Cincau Hati
Cincau bulu juga merambat seperti cincau minyak. Bedanya, daun cincau bulu lebih lebar dan besar, serta tekstur daun berbulu/berambut halus. Bentuk daunnya seperti jantung.

Cincau Hati

Cincau Perdu/Pohon
Seperti namanya, cincau perdu berbentuk pohon/perdu yang memiliki batang yang mengayu. Ukuran daun lebih besar dan panjang. Tanaman ini biasanya dipangkas jika daunnya dipanen sebagai bahan cincau. Setelah pemangkasan, tunas dan daun baru akan tumbuh lagi lebih banyak.

Cincau perdu/pohon

Nah, itulah tiga jenis tanaman cincau hijau. Semoga menambah wawasan. Jika artikel ini bermanfaat, silakan klik like dan share pada ikon media sosial di bawah ini.

Please follow and like us:
error0