bawangmerah4Benih 

Kriteria benih dan penangannya sama dengan  cara menanam bawang merah hidroponik.

Jenis benih yang kita pakai berupa umbi. Diusahakan umbinya sudah disimpan sekitar 2-3 bulan. Jika kita gunakan umbi segar yang penyimpanannya kurang dari 2 bulan, kita bisa lakukan pemotongan ujung umbi sekitar 1/3 bagian. Tujuannya, agar daya tumbuh meningkat, dan dipercaya akan menambah kelipatan jumlah umbi baru.

Jika kita gunakan umbi bawang dari pasar, pilihlah yang permukaannya kering. Perkiraaan jumlah umbi dalam 1 kilo jika ukurannya tidak seragam kurang lebih 100-150 umbi.

Wadah Tanam

Kita bisa gunakan polybag ukuran minimal 25 atau 30 cm. Semakin besar ukuran polybag, hal itu makin bagus. Kita bisa menanam di dalamnya 3-5 umbi.

Media Tanam & Pupuk

Karena bawang merah membutuhkan media yang remah agar perakarannya baik, maka media tanam  juga sebaiknya memenuhi kriteria tersebut. Beberapa kombinasi yang bisa digunakan:
1.  Tanah + arang sekam+ pupuk kandang/kompos. Perbandingannya= 1:1:1
2. Tanah + pupuk kandang/kompos (jika kondisi tanah di tempat kita sudah dianggap cukup gembur).

(Mengapa memilih pupuk kandang atau kompos? Karena kedua jenis pupuk ini sudah mengandung unsur utama nutrisi yang dibutuhkan tanaman, seperti: N (Nitrogen), P (Fosfor), K (Kalium), Ca (Kalsium), dan Mg (Magnesium) dan juga unsur mikro berupa zat lainnya )

Cara Menanam

1. Umbi kita potong dulu 1/3 bagian ujungnya. Akan lebih baik jika hal ini dilakukan sehari sebelumnya, agar permukaan potongan bawang mengering dulu sebelum ditanam.
2. Masukkan media tanam ke dalam polybag hingga 3/4 bagian

3. Benamkan  umbi bawang  ke dalam media tanam hingga tersisa permukaannya. Dalam satu polybag  25cm  kita bisa menanam  3 umbi dan bisa sekitar 5  umbi jika polybagnya lebih besar lagi.

Pupuk Tambahan

Karena medianya berupa tanah dan pupuk/makanan bagi tanaman sudah tersedia dalam campuran media tanam, maka pemberian pupuk lanjutan bisa dilakukan setelah 2 minggu berikutnya. Jadi, yang dilakukan hanya penyiraman jika tanaman tidak kena hujan.

Pemberian tambahan pupuk sebaiknya dilakukan seminggu sekali sampai seminggu menjelang panen. Jenis pupuk yang disarankan adalah pupuk organik cair, agar lebih mudah terserap akar.

Perawatan Tanaman

  1. Sempatkan untuk mendangir atau menggemburkan media tanam bawang seminggu atau 2 minggu sekali, agar pasokan oksigen ke akar menjadi lancar.
  2. Jika ada hama berupa kutu hitam, kita bisa membuangnya secara manual. Gunakan kain yang diolesi cairan tembakau untuk mengambil kutu-kutu.

Masa Panen

Prediksi waktu panen tak beda dengan teknik budidaya bawang hidroponik. Di daerah bersuhu panas, masa tanam sekitar 70 hari, sedangkan di daerah sejuk bisa lebih panjang, yaitu 90-100 hari.

 Jumlah Hasil Panen

bawangmerahtanah
Panen bawang merah yang ditanam dengan media tanah (Foto: Maya A.P/Taman Lestari)

Setelah saya hitung, hasil panen bawang jika ditanam dengan media tanah, ternyata jauh lebih banyak daripada dengan cara hidroponik. Kita bisa memperoleh 4, 7, dan bahkan 10 umbi per- satu  benih. Kalau hasil melimpah dan ingin bawangnya awet, lakukan penjemuran selama kurang lebih 1-2 minggu sebelum disimpan.

Kelebihan menanam dengan media tanah:
1. Daun lebih tegak kokoh
2. Lebih sederhana dan mudah penanganannya
3. Kepadatan umbi lebih baik daripada bawang yang ditanam secara hidroponik.

Please follow and like us:
error0