Cara Menanam Cabe (2)

Fase Menyapih

Setelah daun cabe pada semaian mulai tumbuh dua helai, tanaman mungil ini sudah bisa disapih ke dalam pot penyapihan. Pot penyapihan dapat dibuat dari daun, kertas, atapun pot kecil dari plastik. Untuk melihat tutorial video cara membuat pot dari kertas, silakan KLIK di SINI. Pot penyapihan dari daun dapat dilihat di dalam buku, “Aku Bisa Bercocok Tanam Cabai”.

Media tanam untuk menyapih sama dengan media tanam untuk menyemai. Tahapan penyapihan sebagai berikut:

  1. Siapkan media tanam di dalam pot penyapihan, lalu buat lubang di tengah-tengah pot.
  2. Gunakan stik es krim untuk mengambil tanaman cabe dari pot semai. Caranya, tancapkan stik es krim ke dalam media di sekitar tanaman sedalam mungkin, lalu cungkil. Pastikan akar tanaman terambil semua.
  3. Letakkan tanaman di dalam pot penyapihan lalu padatkan.
  4. Biarkan tanaman di alam pot penyapihan sampai berdaun 6 atau 8. Lalu letakkan pot di tempat yang teduh selama seminggu agar beradaptasi. Baru kemudian dipindahkan ke tempat yang kaya dengan cahaya matahari.
  5. Jangan lupa untuk menyiramnya 1-2x sehari.

Fase Menanam

Setelah tanaman berdaun 6 atau 8, kita bisa memindahkannya ke dalam pot besar atau lahan yang akan menjadi tempat tumbuh tetap. Perbandingan unsur media tanam sama dengan masa penyemaian dan penyapihan. Beri pupuk tambahan berupa pupuk kandang atau kompos setiap dua minggu sekali.

Tutorial lengkap cara menanam cabe beserta cara mengatasi hama dan penyakitnya, dapat diperoleh di dalam buku, “Aku Bisa Bercocok Tanam Cabai”. Klik di SINI untuk memesan.

Salam tanam! Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *